ANNUAL MEETING IN BALI: THE CONSORTIUM OF ASIA-PACIFIC EDUCATION UNIVERSITIES

Consortium of Asia-Facific Education Universities atau sering disingkat CAPEU adalah memiliki visi, misi dan tujuannya tersendiri, yaitu: Vision of The Consortium: "To be the Centre of the World Education, Innovation and Enhancement" dan Mission of The Consortium: “Committed to Changes in Teacher Training and Education, Research & Community Development”, sedangkan tujuan atau Objectives of The Consortium of Asia-Facific Education Universities adalah:
·   To establish a common network of cooperation between education institutions in Asia-Pacific and beyond that will provide a venue for discussion and exchange of relevant issues and problems as well as work out strategic actions and policy recommendations along current education reforms;
·   To advance education research, teaching and service capacity of member institutions by cultivating regional cooperation and liaison with other regional and international organizations espousing similar aspirations;
· To promote information / knowledge dissemination and exchange through cross-national and international collaborative study and research among Education Universities;
·      Enrich the professional human resources of Education Universities in the region, including explorations of innovations and sharing of best practices in Education Universities;
·    As a leader of the Education Universities across the region including other continents in teaching and learning.
Untuk selanjutnya, dalam rangka pertemuan The Consortium of Asia-Facific Education Universities di Bali, ada beberapa agenda dan kegiatan yang perlu dilaporkan sebagai tanggung jawab kami selaku yang diberi tugas untuk mengikutinya.  Kegiatan-kegiatan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:
Pengantar atau sambutan dari tuan rumah Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia, dalam hal ini langsung diberikan sambutan atau sebagai sambutan menyambut tamu oleh Rektor Universitas tersebut, yaitu pertama pada saat makan malam di Hotel Grand Inna Kuta Bali sambil makan malam. Pada sambutan tersebut, bapak Rektor menyatakan bahwa beliau sangat senang ditunjuk selaku tuan rumah untuk kegiatan ini. Maka menurut dia apa yang terjadi terhadap pelaksanaan kegiatan ini , beliau bertangung jawab sepenuhnya dan beliau juga meminta maaf apabila penyambutan dan penyediaan berbagai fasilitas untuk acara ini tidak berkenan menurut para peserta kegiatan ini. Disamping itu, pada memberikan sambutan pembukaan acara CAPEU BOARD OF DIRECTORS’ MEETING ini memerlukan berbagai fasilitas dan juga hal-hal yang berkenaan dengan akademik dan non akademik, beliau, dalam Universitas Ganesha, siap ,membantu dan juga mengharapkan hasil dari pertemuan ini supaya ditindak lanjut sesegera mungkin. Karena pertemuan ini merupakan pertemuan yang sangat penting karena dalam agenda dalam kegiatan ini termasuk memilih Presiden CAPEU yang baru.
Sambutan dari Presiden CAPEU, Profesor Dato’ Dr. Muhammad Shatar Sabran, beliau memberikan beberapa cacatan penting tentang keberadaan CAPEU dan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh anggota konsorsium ini kedepan. Pertama, beliau menyampaikan beberapa agenda penting yang telah dilakukan oleh CAPEU selama beliau memimpin dua tahun yang lalu, seperti Konferensi Internasional, laporan tentang finansial, update tentang apa-apa yang menjadi Marketing Materials CAPEU, update tentang CAPEU Journal dan update tentang “The 5” Consortium of Asia-Facific Education Universities (CAPEU): Bridging The Urban and Rural Gaps in Education” Conference. Disamping itu, menurut beliau, dengan pertemuan ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama diantara anggota dan diharapkan semua anggota akan menjadi World Class University ke depan, maka perlu juga dianatara sesame anggota untuk menyamakan dan memperkuat bidang kurikulum, riset, pengabdian, visiting professor dan juga exchange student di antara sesasma anggota, dan beliau juga menyampaikan tentang agenda pertemuan-pertemuan tahunan lainnya. Mengenai report Finansial, beliau mengharapkan semua anggota CAPEU mematuhi dan menyelesaikan berbagai hal yang menyangkut dengan iuran ke anggotaan CAPEU, mengenai jurnal akan ditangani oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dan Konferensi akan dihandel oleh Universitas Utara Malaysia, yang insya Allah akan diadakan di Kucing Malaysia pada bulan September yang akan datang. Kedua, beliau juga menyampaikan agenda-agenda yang akan dilakukan oleh CAPEU pada tahun 2020 ini dan tahun-tahun berikutnya, apabila nantinya beliau terpilih lagi sebagai Presiden CAPEU untuk 3 tahun kedepan.
Penyampaian beberapa Best Practice in Teaching and Learning, kegiatan ini disampaikan oleh dua orang dosen Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, yaitu tentang kerjasama luar negeri dan tentang pembelajaran bahasa Inggris.
Pemilihan New Executive Board of Consortium, yaitu pemilihan Presiden, Vice Presiden, Secretary dan Treasurer, untuk tiga tahun ke depan. Pada pemilihan tersebut, secara aklamasi para peserta setuju untuk dipimpin kembali oleh pengurus sekarang, yaitu Presidennya Profesor Dato’ Dr. Mohammad Shatar Sabran, wakil presiden Profesor Dr. Asep Kadarohman. Sedangkan secretariat dan lain-lain juga masih di jabat oleh peserta yang lama. Setelah terpilih kembali, presiden menyampaikan beberapa agenda ke depan, yaitu diantara adalah: Penelitian dan kurikulum antar anggota CAPEU; Pertukaran Dosen; Pengabdian; dan Student mobility dan student exchange
Dalam berbagai bidang tersebut, maka yang menjadi hostingnya adalah: bidang kurikulum dan penelitian akan dihendel oleh masing-masing wakil rektor bidang tersebut, yaitu dipercayakan hostnya pada Universitas Pendidikan Ganesha Bali; bidang akademik akan dihendel atau yang menjadi hostnya adalah Universitas Pendidikan Surabaya; dan dibidang pengabdian dan kemahasiswaan akan dihendel oleh Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Untuk memperluas dan mengimplementasikan berbagai program dan agenda CAPEU, maka menurut presiden harus dilibatkan masing-masing rektor pada masing-masing anggota CAPEU, yang berkenaan dengan bidangnya masing-masing, baik akademik, riset dan pengabdian dan kemahasiswaan.
Untuk agenda yang sangat dekat, presiden mengharapkan kepada semua anggota CAPEU supaya terlibat langsung pada acara konferensi di Kucing Malaysia, memberikan satu atau beberapa artikel ke jurnal CAPEU dan paling tidak mengutuskan minimal 10 mahasiswa dari masing-masing Anggota CAPEU untuk terlibat dalam student mobility atau kuliah kerja nyata (KKN) sesama anggota CAPEU.