DEMOKRASI SEBAGAI ”A MODE OF ASSOCIATE LIVING”

   Demokrasi sebagai sebuah model kehidupan yang berasosiasi, kedengarannya sama dengan apa yang dipercaya pada sebuah lingkungan belajar seharusnya juga ditampilkan. Dewey, mendukung pengalaman-pengalaman edukatif dalam lingkungan belajar yang menyadari bahwa interaksi dan kontinuitas antara  anggota dari sebuah pengalaman. Kepercayaan Dewey bahwa belajar terjadi dalam situasi sosial, melalui pengalaman-pengalaman yang bersifat komunikatif. Dalam observasi-observasinya tentang sekolah-sekolah yang menjadi model, dia mendiskusikan hasil-hasil yang panjang jangkauannya berdasarkan fakta di mana perkampungan sekolah terletak dalam sebuah masyarakat yang demokratis, dan benar-benar merefleksikan kondisi-kondisi masyarakat tersebut.
Melihat bahwa belajar terjadi di mana komunikasi dan partisipasinya merupakan faktor-faktor yang sangat esensial. Cuffaro menyarankan bahwa filsafat pendidikan Dewey menimbulkan visinya tentang  masyarakat yang demokratis. Di samping itu, dia menyatakan bahwa visinya tentang demokrasi Mendatangkan pluralitas dan perbedaan, menolak rintangan-rintangan yang bercerai-berai dan berpisahpisah.
Boisvert, juga membagi pandangan ini kepada tiga karakteristik demokrasi berdasarkan pendirian Dewey tentang demokrasi sebagai sebuah ide sosial, yaitu: 1. individuality, 2. freedom dan equality, dan 3. fluid social relation.
1. Individuality adalah sebuah istilah yang menunjukkan egosentris yang memisahkan kita dari yang lain, tetapi individuality menekankan keunikan dan bakat-bakat khusus apa yang diberikan kepada kelompok. Melalui perkembangan setiap individu, sehingga mampu berkontribusi kepada masyarakat menurut cara kita sendiri. Sebaliknya, jika kita fokus pada individualism, maka kita tidak menanamkan ide-ide demokrasi selama kita tidak membentuk sebuah model kehidupan yang berasosiasi dengan yang lain. Sementara, kita fokus pada individualindividual itu sendiri, daripada bagaimana individualitas seseorang dapat menguntungkan masyarakat. Dalam sebuah demokrasi, para anggota cemas mengenai apakah tindakan-tindakan dan keputusan-keputusan mereka dapat mempengaruhi anggota masyarakat yang lain, dan cara mereka memberikan kontribusi terhadap perkembangan masyarakat.
2. Freedom dan equality meliputi lebih dari ketidakleluasaan atau persamaan sejenis. Secara langsung, mereka berhubungan dengan perkembangan personal. Kata-kata yang digunakan sekarang menggambarkan arti kebebasan yang sebenarnya. Dewey  memberi wewenang (empower), perjanjian (engagement), dan kapasitas (effectuate), untuk bertindak dengan cara-cara yang mempertinggi perkembangan. Kata-kata ini menunjukkan pada kepentingan untuk berkembang secara individual. Demikian juga, equality tidak berarti sama atau serupa saja, tetapi jauh dari itu. Lebih  suka, menyarankan kekhasan yang tidak dapat digantikan dan membuatnya mungkin untuk menjadi dinilai bersama. Lagi pula, melalui kekhasan dan kesempatan untuk mengembangkan bakat-bakat yang berbeda dapat dibagi dengan yang lain, kita dapat mengembangkan seperti individuindividu, demikian juga Dalam berasosiasi dengan yang lain. Kita mempunyai kesempatan menilai yang lain terhadap kekhasan-kekhasan mereka dan menjadi bernilai bagi kita. Belajar untuk menghargai  perbedaan-perbedaan yang lain, kita harus mengerti perbedaan-perbedaan kita melalui keterbukaan orang yang berbeda dengan kita.
3. Fluid social relationsHubungan-hubungan sosial yang tidak kaku dan saling memahami antara satu dengan yang lainnya. Hubungan-hubungan sosial yang tidak kaku tersebut berhubungan dengan sebuah kemampuan masyarakat untuk menyerap batasan-batasan yang dimiliki oleh setiap kelompok-kelompok sosial yang berbeda-beda. Anggota-anggota yang mempunyai kelebihan dari bermacam-macam kelompok tersebut dapat berpartisipasi atau berpindah ke dalam setiap kelompok-kelompok yang lain, masyarakat demokratis  memahami apa yang dihadapi oleh setiap anggotanya terhadap perbedaan-perbedaan yang lain. Ini boleh dilakukan untuk mengikat masyarakat secara bersama-sama, dan membongkar rintangan-rintangan di antara sesama mereka