PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry “BICARA AKREDITASI PRODI”

Mendapatkan akreditasi “A” merupakan impian setiap sivitas akademika di perguruan tinggi dan tidak ketinggalan juga para mahasiswa yang sedang menuntuk ilmu di perguruan tinggi tersebut. Momen ini yang dialami oleh Pogram Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Kecermelangan dan keunggulan yang dimiliki oleh program studi PGMI ini turut dirasakan oleh semua komunitas dan insan akademik yang ada di program studi tersebut, baik mahasiswa, alumni, sivitas akademikia kampus dan juga masyarakat secara umum.
Berdasarkan kegembiraan dan kebanggaan tersebut, maka program studi PGMI mengadakan pertemuan dengan para pimpinan Fakultas dan para dosen yang bernaung di bawah bendera Pogram Studi PGMI tersebut. Pada acara tersebut turut diundang kepala pusat Audit dan Pengendalian mutu Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Pada kegiatan tersebut, Dr. Buchori Muslim, M. Ag memaparkan berbagai hal yang menyangkut dengan pengembangan akreditasi program studi dengan standar baru, baik dari tataran yang sangat mendasar sampai kepada tatataran yang paling tinggi dalam level yang ada dalam sistem akreditasi. Keseriusan beliau dalam memberikan materi tersebut dapat diberikan apresiasi, karena disamping kesibukan beliau yang sangat luar biasa, masih sempat meluangkan watunya untuk memberikan materi dan berdiskusi dengan pimpinan, para dosen dan segenap sivitas akademika program studi PGMI dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN AR-Raniry.
Di samping itu, turut juga dihadiri oleh para pimpinan Fakultas, yaitu Bapak Dekan, Bapak Wakil Dekan I dan bapak bapak Wakil Dekan II Fakultas Tersebut. Selain itu, juga hadir para beberapa pakar dibidangnya seperti ketua program studi Pendidikan Agama Islam (S3) pascasarjana UIN Ar-Raniry dan juga beberapa dosen senior yang home basenya di program studi tersebut.
Kegiatan ini patut diberikan apresiasi dan penghargaan yang layak karena jauh-jauh hari sebelum masa akreditasi tersebut habis masanya, para pimpinan prodi sudah berpikir dan menindaklanjuti berbagai hal yang berkenaan dengan re-akreditasi program studi. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh para pimpinan pogram studi tersebut, yaitu ketua program studi PGMI Ibu Yuni Setianingsi dan ibu sekretaris program studi, ibu Fitriah dan juga para dosen dan beberapa staf dan pengawai program studi tersebut.
Kegiatan seperti dapat dijadikan contoh bagi program-program studi lainnya baik yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan maupun program sudi-program studi di luar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang ada di Uinversitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Mudah-mudah kegiatan selalu mendapat hidayah dari Allah SWT. Amin…