GOLDEN FEBI FESTIVAL III: Ajang Kreativitas Mahasiswa FEBI Untuk Dunia

Ada beberapa kegiatan yang melibatkan Fakultas Ekonomi Islam dalam rangka menyambut Ar-Raniry Creative Fair 2019 dan menyambut Milat Universitas Negeri Islam Ar-Raniry yang ke-56 tahun ini. Di antaranya adalah adanya Seminar Nasional tentang “Workshop Publikasi Ilmiah: Peningkatan Kualitas Publikasi di Bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah Bagi Akademisi Se-Aceh”. Kegiatan ini menampilkan tiga orang narasumber, yaitu sebagai Key Note Speakernya dari Jakarta, bapak Dr. Sutan Hidayat, SP., MBA, direktur Riset dan Pendidikan Ekonomi Islam dari Komite Nasional Keuangan Syariah Republik Indonesia. Selain itu ada dua nara sumber lokal yang tidak kalah pentingnya, yaitu bapak Dr. Hafas Furqani, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan bapak Dr. M. Sabri Abd Majid, Dosen Ekonomi Universitas Syiah Kuala.
Kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam adalah Seminar Nasional tentang “Islam dan Pembangunan Ekonomi (SN-IP) ke-2”. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa nara sumber nasional dan Lokal, diantaranya adalah Bapak Taufik Hidayat, Direktur Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Indoensia, bapak Prof. Ir. Sukoso, M. Sc., Ph. D, Kepala Badan Penyelenggara Produk Halal Kementerian Agama Republik Indonesia, bapak Muhammad Fuad Nazar, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indoensia, bapak Zainal Arifin Lubis, Kepala Bank Indonesia Perwakilian Aceh, bapak  Haizar Sulaiman, SH. MH, Direktur Utama PT Bank Aceh Syariah, dan Bapak Aulia Fadly, Kepala OJK perwakilan Aceh.
Tidak kalah dengan kegiatan yang di atas, maka pada tanggal 22 Oktober 2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, juga mengadakan acara OJK Mengajar dengan tema “Peran OJK dalam Perlindungan Konsumen dan Masyarakat”. Kegiatan ini juga menghadirkan nara sumber nasional, yaitu bapak Sarjito, Deputi Komisioner Bidang Edukasi Perlindungan Konsumen OJK Pusat, Bapak Aulia Fadly, Kepala OJK Provinsi Aceh, Bapak M. Gatot Adhi Prasetyo, Direktur Bisnis BTPN Syariah, dan Bapak Horas V.M Tarihoran, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK.
Semua kegiatan ini adalah kegiatan dalam rangka menyambut Ar-Raniry Creative Fair dan Milad Universitas Islam Negeri Ar-Raniry secara umum dan dalam rangka menyambut dan memeriahkan kegiatan Golden FEBI Festival III secara khusus. Ini semuanya menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa-mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dapat disejajarkan dengan berbagai kegiatan mahasiswa pada tataran Internasional.
Dengan berbagai kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat yang konstruktif bagi Universitas dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam secara khusus dan kongkrit serta nyata dalam bidang Akademik, non Akademik, dan berbagai kegiatan ektra kurikuler lainnya. Semoga semuan kegiatan ini juga dapat memberikan pengaruh yang positif dalam tingkah laku dan karakter mahasiswa Uinversitas Islam Negeri Ar-Raniry di masa-masa yang akan datang.
Pada acara pembukaan Golden FEBI Festival III tersebut, Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri Ar-Raniry menegaskan bahwa semua kegiatan mahasiswa ke depan harus ditingkatkan baik dari kualitas kegiatannya maupun dari sisi finansial. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa UIN Ar-Raniry secara umum dan khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dapat diandalkan kreativitas pada tingkat local, nasional dan bahkan Internasional. Kami pimpinan Perguruan tinggi ini akan selalu mendukung dan memberikan kontribusi yang nyata dalam rangkan peningktana mutu akademik dan non akademik mahasiswa kampus ini.