CAREER DEVELOPMENT CENTER DAN KEBUTUHAN AKAN AKREDITASI INSTITUSI

Career Development Center adalah pusat sistem pendidikan dan pelatihan yang diperuntukkan bagi alumni suatu perguruan tinggi.
Alumni menjadi sebuha komponen yang sangat penting dalam rangka meningkatkan akreditasi sebuah Institusi Kampus, maka berbagai aplikasi yang melibatkan alumni sudah harus menjadi pusat perhatian dari setiap lembaga yang ingin kampusnya menjadi kampus yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Untuk mencapai hal tersebut, maka ada beberapa (https://sevima.com/7-alasan-mengapa-kampus-anda-butuh-pusat-karir/)  alasan kenapa Career Development Center itu sangat penting, yaitu:
1.   Kebutuhan alumni
Disini alumni mendapat berbagai informasi tentang lowongan kerja, rekrutment tenaga kerja dan di sini alumni juga dapat memantau berbagai kegiatan tentang informasi pekerjaan yang ada berbagai tempat.
2.   Tracer Study untuk Akreditasi Kampus
Disini merupakan salah aspek yang sangat penting untuk meningkatkan akreditasi yang merupakan keberhasilan lulusan di dalam dunia kerja. Karena akreditasi itu sendiri merupakan upaya pemerintah untuk menjamin mutu alumni dari sebuah perguruan tinggi. Dengan demikian, maka disinilah kampus sangat perlu kepada karir center tersebut untuk memantau keberhasilan lulusan di dunia kerja.
3.   Mengetahui Outcome Pendidikan yang Dihasilkan oleh Perguruan Tinggi
Pada aspek ini perguruan tinggi pasti akan menghasilkan hasil/outcome. Untuk itu, bagaimana perguruan mengetahui outcome sehingga dapat bermanfaat dalam perubahan kondisi social, budaya, ekonomi masyarakat. Maka kampus sangat perlu kepada pusat karir untuk menampung semua aspirasi alumni dalam pengembangan pembangunan sesuai dengan program studi yang digeluti semasa kuliah.
4.   Mengetahui Kontribusi Perguruan Tinggi terhadap Kompetensi yang ada di Dunia Kerja
Aspek ini merupakan misi dari sebuha perguruan tinggi untuk menjadikan mahasiswanya berkompeten pada program studi yang mereka pilih. Sedangkan untuk mengetahu seberapa berhasil alumninya, maka kampus perlu menyediakan system untuk mengukur kontribusi alumni terhadap kampus. Disamping itu alumni juga dipermudah untuk memberikan informasi tentang karir dan data domisili para alumni serta dapat juga menginfokan kontribuasinya dalam dunia kerja. Dan ini juga dapat dijadikan alat evaluasi perguruan tinggi dalam memperbaiki kurikulum program studi.
5.   Untuk Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Ketika Memasuki Dunia Kerja
Disini perguruan tinggi menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa diseluruh Indonesia dalam jumlah yang sangat luar biasa. Pada setiap semester atau tahun setiap meluluskan alumninya minimal 2 periode wisuda. Lulusan akan menyebar keseluruh instansi dan dunia kerja. Maka diperlukan strategi untuk merancang dan mempromosikan dari segi geografis atau pun instansi. Untuk merancang berbagai strategi tersebut dari lulusan diperlukan kepada situs alumni yang memberikan kemudahan kepada laumni untuk meng update kondisi terbaru. Ini akan memudahkan pihak kehumasan kampus dalam menjaring mahasiswa baru pada daerah yang geografis lulusan atau jaringan kerja pada instansi lulusan.
6.   Membangun Silaturahmi dengan Alumni
Pada aspek ini perlu dibangun silaturahmi antara alumni dan almamater karena ikatan itu akan mengahasilkan kemanfaatan, baik bagi alumni maupun perguruan tinggi. Menyadari pentingnya hal ini, hampir di setiap perguruan tinggi membuat organisasi kealumnian masing-masing. Kekerabatan dan jaringan relasi dengan alumni akan semakin erat karena dengan memanfaatkan teknologi internet maka dimungkinkan interaksi tanpa batasan tempat dan waktu. Melalui aplikasi tracer study kampus dapat mewujudkan hal tersebut.
7.   Sebagai Evaluasi Perguruan Tinggi
Evalauasi adalah keharusan bagi perguruan tinggi yang ingin meningkatkan mutu. Karena  dengan evaluasi dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan terkait tingkat keberhasilan yang telah dicapai dan tindakan selanjutnya yang diperlukan. Alumni yang telah tergabung dengan situs alumni dianjurkan untuk selalu mengirimkan info terkini lulusan. Selain pada peningkatan skill yang dibutuhkan industri dengan menambah mata kuliah tertentu, evaluasi juga bisa dijadikan bahan pengkajian permasalahan manajemen seperti alur pendaftaran mahasiswa baru yang lebih mudah sesuai kondisi geografis atau hal lain dari kolom sumbang saran alumni.
Disamping itu, juga dibicarakan tentang beberapa agenda, yaitu: Evaluasi Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK)  tahun 2018 . Dalam kesempatan tersebut dibicarkan bahwa PBAK tahun 2018 dianggap berhasil dengan baik tanpa ada kecurangan sedikit pun, dan beliau mengharapkan bahwa kedepan, PBAK lebih baik lagi. Demikian juga, topic pembicaraan terfokus pada pelaksanaan PIONIR di Malang.
Ada beberapa hal yang dikembangkan dalam Career Development Center, yaitu Pengembangan Karir, Interpreneurship dan Tracer Study. Dengan ketiga focus pengembangan tersebut diharapkan Career Development Center dapat mewujudkan beberapa program yang akan membantu alumni dalam meeujudkan Akreditasi Kampus yang lebih baik lagi kedepan.