PROFESSORIAL LECTURING: LECTURER IS THE KEY AND EDUCATION IS THE HEART OF CIVILIZATION

Kegiatan ini dilakukan pada saat menindaklanjuti MoU antara Universitas Islam negeri Dengan Univeristas Teknologi Mara cawangan Malakan pada tanggal 29-30 Oktober 2018. Tindaklanjut ini di isi dengan kuliah umum dan mengahdiri acara wisuda akademik UiTM Malaka, Malaysia. Dalam Kuliah Umum (Professor Talk) oleh: Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA (Rektor UIN Ar-Raniry) yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh, bagi Dosen dan Mahasiswa Semester Akhir UiTM Melaka, Malaysia, dengan judul “PROFESSORIAL LECTURING: LECTURER IS THE KEY AND EDUCATION IS THE HEART OF CIVILIZATION”.
Konten dari kuliah umum tersebut, diantaranya adalah tentang:
1.     Hakikat Pendidik
Disini rector menjelaskan bahwa Pendidik itu adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan”.  Undang-undang ini menegaskan bahwa guru adalah pendidik
2.     Hakikat Kompetensi
Kompetensi pendidik adalah kecakapan atau kemampuan yang dimiliki pendidik, yang diindikasikan dalam empat pilar kompetensi, yaitu kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan memahami subjek didiknya secara baik serta kemampuan mengelola pembelajaran (pedagogik), kemampuan yang berhubungan dengan tugas profesionalnya, yaitu kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam (profesional),
kemampuann yang berhubungan dengan keadaan pribadinya yang mantap, berakhlak, arif dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik (personal), serta kemampuan yang berhubungan dengan masyarakat atau lingkungannya, yaitu kemampuan berkomunikasi, berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar (sosial).
3.     Karakter dan Etos Kerja
Disini rector menjelaskan tentang beberapa negera yang mempunyai etos kerja dan karakter yang sangat luar biasa. Seperti Jepang, Amerika dan lain-lain. Kemajuan yang dicapai oleh Negara-negara tersbut terjadi karena mereka memegang teguh pada karakter bangsanya demikian juga etos kerja yang mereka bangun.
Disamping kegiatan kuliah umum, Rektor dan Wakil Rektor III, juga menghadiri dan menyertakan pada  perayakan/wisuda Akademik, Istiadat wisuda UiTM Melaka, Malaysia. Demikian juga menghadiri dan mengunjungi UiTM Melaka Campus Tour, PTAR, Masjid Al-Hikmah, ACIS, CIPSF, Bangunan Akademik KPPI, KPP2, KPP3, Kolej-Kolej Pelajar dan Unit Sukan.