DEKLARASI PERPINDAHAN IBU KOTA NEGERA: Perspektif Akademisi


Berbicara tentang perpindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Luar pulau Jawa menjadi topic utama yang dibicarakan pada pertemun BKS-PTN Barat di Palangkarya tanggal 10-12 Januari 2019.
Deklarasi ini diikuti oleh beberapa akademisi yang tergabung dalam perkumpulan Forum pertemuan perguruan tinggi negeri yang bertempat  di Universitas Palangkaraya sebagai tuan rumah pertemuan. Acara ini dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Palangkaraya.
Disamping topic khusus tersebut, yaitu tentang perpindahan Ibu Kota Negara ke Palangkaraya, juga di bicarakan hal-hal yang berkenaan dengan agenda pertemuan Forum tersebut. Agenda-agenda tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
Pertama sekalai adalah Ramah dengan Pemda Kalimantan yang diwakili oleh Setda Provinsi Palangkaraya. Di samping itu juga dihadiri oleh utusan Staf Khusus Menteri PPN dan Kementerian Ristek Dikti RI. Kemudian pada tanggal ini merupakan acara puncat pertemuan BKS-PTN Barat, yang dimulai dengan laopran kegiatan berbagai Forum yang telah dilakukan pada tahun 2018 yang lalu, dan juga mempresentasikan berbagai kegaiatan yang akan dilakukan pada tahun 2019. Selanjutnya adalah agenda pembentukan Forum Wakil Rektor bidang Kerja Sama. Dalam musyawarah dan meeting selama satu jam lebih di ruang Wakil Rektor Kerjasama Universitas Palangkaraya menghasilkan beberapa hal.
Hasil dari pertemuan tersebut diantara adalah:
1. Forum meilih ketua dan sekretaris forum. Dari hasil tersebut, maka sebagai:
Ketua : Dr. Hizir Sofyan, Wakil Rektor Kerjasama Universitas Syiah Kuala, Aceh.
Sekretaris : Prof. Dr. Sulmin Gumiri, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
2. Program-program yang akan dilakukan pada tahun 2019 ini. Program-program tersebut diantaranya adalah:
a. Pertemuan forum BKS PTN Barat di Batam pada bulan Februari 2019. Penyusunan Pedoman MoU dan MoA Kerjasama BKS PTN Barat
b.   Menginventarisir keunggulan masing – masing PTN MoU di BKS Barat
c.    Melaksanakan Monev terhadap tindak lanjut Mou dan    MoA pada masing-masing BKS PTN Barat.
Terakhir sekali dari pertemuan tersebut, sebagaimana di sebut di atas, adalah adanhya dukungan  dan deklarasi Bersama tentang dukungan Forum BKS-PTN Barat terhadap Kalimantan Tengah Sebagai Kandidat Perpindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta.